Dosen : Deasy Indayanti
Nama : Maghda Maghfira
GRAMEDIA
Gramedia
merupakan salah satu toko buku terbesar di Indonesia. Sekarang melayani
penjualan buku dengan cara e-commerce (secara online). Kategori yang ditawarkan
secara online juga beragam, fiksi, nonfiksi, buku anak-anak, buku masak dll.
Bisnis penjualan buku secara online ini sepertinya akan menjadi bisnis yang
menjanjikan di masa mendatang. Mengingat besarnya jumlah penduduk dan semakin
banyaknya pengguna internet di Indonesia. Didukung dengan infrastruktur
internet yang semakin baik dari waktu ke waktu.
Memang pada umumnya masyarakat Indonesia masih ingin melihat dan memegang barang sebelum membelinya. Tetapi memang diperlukan waktu agar mereka terbiasa dengan pembelian buku secara online. Sepertinya nantinya masyarakat akan terbiasa dengan melakukan transaksi secara online seperti ini.
Dengan menerapkan e-commerce, maka mereka dapat mengurangi cost yang dipakai untuk toko gramedia, terutama pegawai dan luas wilayah yang dibutuhkan.
Mereka juga dapat meningkatkan penjualan, karena lebih mudah dalam pemesanan.
Pembelanjaan secara online mempermudah mereka yang tidak mempunyai waktu. Pencarian yang dilakukan juga terkadang lebih mudah, customer juga tidak akan membuang effort yang banyak jika ternyata buku yang dicari tidak tersedia. Karena mereka cukup melakukan pencarian secara online. Bayangkan jika mereka harus mendatangi toko gramedia terdekat untuk mencari buku tertentu, dan ternyata buku tersebut out of stock.`
Memang pada umumnya masyarakat Indonesia masih ingin melihat dan memegang barang sebelum membelinya. Tetapi memang diperlukan waktu agar mereka terbiasa dengan pembelian buku secara online. Sepertinya nantinya masyarakat akan terbiasa dengan melakukan transaksi secara online seperti ini.
Dengan menerapkan e-commerce, maka mereka dapat mengurangi cost yang dipakai untuk toko gramedia, terutama pegawai dan luas wilayah yang dibutuhkan.
Mereka juga dapat meningkatkan penjualan, karena lebih mudah dalam pemesanan.
Pembelanjaan secara online mempermudah mereka yang tidak mempunyai waktu. Pencarian yang dilakukan juga terkadang lebih mudah, customer juga tidak akan membuang effort yang banyak jika ternyata buku yang dicari tidak tersedia. Karena mereka cukup melakukan pencarian secara online. Bayangkan jika mereka harus mendatangi toko gramedia terdekat untuk mencari buku tertentu, dan ternyata buku tersebut out of stock.`
Kekuatan
1.
Kekuatan
Gramedia yang pertama terletak pada kelengkapan produk yang tersedia, dengan
menyediakan produk yang beragam dan berkualitas maka Gramedia dapat memenuhi
kebutuhan para konsumen. Sehingga diharapkan kebutuhan konsumen yang beragam
dapat terpenuhi ketika mereka berbelanja di Gramedia
2.
Gramedia juga
berusaha menawarkan harga yang bersaing demi kepuasan para konsumen, frekuensi
pemberian diskon juga menjadi salah satu kekuatan, sebab tidak dapat dipungkiri
bahwa diskon menjadi daya tarik tersendiri.
3.
Citra merek dan
reputasi yang sangat baik, menurut Damanik (2010) hal ini dibuktikan dengan
gelar Top Brand Award 2010 yang berhasil dipertahankan oleh
GramediaBookstore. Top Brand Index (TBI) sebesar 78,1.
Berdasarkan index tersebut, merek Gramedia memang begitu lekat di hati
masyarakat sehingga sekitar 78,1% dari 2.400 responden di enam kota besar di
Indonesia memilih Gramedia sebagai merek paling top. Merek Gramedia
menempati top of mind di masyarakat, memiliki market
share yang tinggi, dan memiliki pelanggan dengan tingkat loyalitas
yang tinggi.
Kelemahan
Pelayanan
operasional online Gramedia yang hanya terbatas pada hari
Senin – Jumat, pukul 08.00 – 17.00 WIB saja. Sehingga pada malam hari dan weekend,
situs onlineGramedia tersebut tidak beroperasi. Kondisi tersebut
akan menyulitkan konsumen yang ingin melakukan transaksi pada malam hari atau
pada hari Sabtu atau Minggu, misalnya seperti orang-orang yang sibuk dan tidak
memiliki cukup waktu untuk bertransaksi pada jam kerja.
Peluang
Dalam era
globalisasi sekarang ini, internet telah menjadi bagian dari setiap kehidupan
masyarakat, penggunaan internet secara positif mampu memberikan banyak manfaat
kepada penggunanya. Banyak informasi yang didapat dari internet, bahkan
internet juga telah dijadikan media bisnis seperti penjualan barang
secara online, dan juga media pembelajaran. Hal tersebut yang
kemudian menciptakan suatu produk yang disebut e-book atau electronic
book, yaitu buku yang berupa soft copy dan umumnya
berupa file PDF. E-book juga disebut paperless
book, karena penggunaannya harus melalui media ekektronik seperti computer, laptop,
atau notepad. Bisa dikatakan bahwa saat ini sudah banyak masyarakat
yang menggunakan e-book sebagai bahan bacaan mereka. Gramedia
Bookstore dalam situasi ini berpeluang untuk turut menyediakan e-book bagi
konsumennya, hal tersebut akan menjadi hal baru bagi Gramedia Bookstore,
sehingga tidak hanya menyediakan buku dalam bentuk hard copy, namun
juga menyediakan e-book.
Ancaman
Penjualan buku
melalui media internet kini juga telah marak di masyarakat. Meskipun Gramedia
Bookstore juga memiliki situs online, namun keberadaan situs
penjualan buku online lainnya juga dapat menjadi ancaman bagi Gramedia
Bookstore, seperti contohnya Amazon, Ebay, Kaskus, dll. Dalam hal ini Gramedia
Bookstore harus memiliki cara tertentu agar konsumen lebih memilih untuk
berbelanja di situs online Gramedia daripada situs lainnya, misalnya seperti
prosedur pembelian dan pembayaran yang mudah.
Situs penjualan
buku online yang telah disebutkan di atas tidak hanya menjual buku namun e-book,
sedangkan untuk saat ini Gramedia Bookstore belum menyediakan produk
berupa e-book. Tentu saja kondisi tersebut menjadi ancaman bagi
Gramedia Bookstore. Pihak manajemen perlu menerapkan strategi yang baik dalam
menyiasati setiap ancaman yang ada agar tidak timbul kerugian.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar